Pembekalan dan pelepasan PPL Jurusan Ilmu Hadis FUA UIN SSC



Pada hari ini, Senin tanggal 26 Agustus 2024 jurusan Ilmu Hadis  fakultas Ushuluddin dan Adab UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon melaksanakan kegiatan pembekalan dan pelepasan mahasiswa PPL bagi mahasiswa jurusan Ilmu Hadis semester 7. Kegiatan ini dipimpin oleh sekertaris jurusan yaitu ibu Dr. Hj. Hartati, MA. Sedangkan pembekalan PPL disampaikan oleh ketua jurusan Ilmu Hadis yaitu ibu Dr. Hj. Umayah, M.Ag.
Beliau memberikan pembekalan mengenai beberapa hal, di antaranya; pertama,  bahwa kegiatan PPL ini bertema "Menghidupkan hadis di lembaga pendidikan dasar" karena berdasarkan CPL (Capaian Pembelajaran Lulusan) jurusan Ilha FUA UIN SSC yaitu salah satunya adalah "Menjadi guru al-Qur'an Hadis di sekolah", kegiatan PPL ini merupakan RTL (Rencana Tindak Lanjut) MoU pada tahun 2023. Kegiatan PPL di SDN 1 Kalikoa dan Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Nurul Falah Kalikoa tahun ini merupakan kali kedua.
Kedua, bahwa kegiatan PPL ini merupakan salah satu implementasi dari mata kuliah living hadis, di mana bentuk bentuk living hadis itu terdiri dari tiga bentuk, di antaranya yaitu; bentuk lisan, bentuk tulis dan bentuk praktek. Oleh karena itu peserta PPL harus kreatif menyampaikan hadis kepada anak didik, dengan berbagai metode pembelajaran yang menyenangkan, misalnya yang bentuk lisan dibuat nadhom, yang bentuk tulisan dengan latihan menulis, dan yang bentuk praktek dengan studi kasus.
Ketiga, diskusikan program yang akan dilaksanakan oleh mahasiswa PPL dengan sekolah lokasi PPL, supaya sinergis dengan harapan mereka.
Keempat, jaga diri dan jaga almamater, sosialisasikan bahwa di UIN siber ada jurusan Ilha dengan harapan anak didik di SDN 1 Kalikoa dan MD Kalikoa kelak ada yang melanjutkan kuliah masuk jurusan Ilha.
Setelah pembekalan selesai, ibu Dr.Hj. Hartati, MA, dosen pembimbing yaitu bapak Lukman Zain, MA dan bapak Ahmad Faqih Hasyim, M.Ag beserta seluruh mahasiswa PPL jurusan Ilmu Hadis menuju lokasi untuk menyerahkan peserta PPL ke kepala sekolah SDN 1 Kalikoa yaitu bapak H. Mulyamin, S.Pd. SD dan MD Kalikoa yaitu  ibu Hj. Sri Irmawati, S.Pd.I. Semoga PPL jurusan Ilmu Hadis ini dilancarkan sampai tanggal 29 September 2024 nanti.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.